Tips Sebelum Mendownload Software di Internet


Tips Sebelum Mendownload Software di Internet

  Software merupakan salah satu hal yang paling dicari di internet. Namun sayangnya, tidak semua software itu aman. Banyak pihak-pihak developer yang tidak bertanggung jawab menyisipkan suatu program yang berbahaya didalam software mereka untuk menginfeksi komputer demi keuntungan pribadi. Oleh karena itu, sebelum mendownload software, terutama bagi pengguna Windows. Kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa software tersebut aman dan terpercaya.
  Tetapi bagi pengguna komputer pemula menentukan aman atau tidaknya suatu software itu tidaklah mudah. Nah, melalui artikel ini aku akan memberikan beberapa tips yang sebaiknya dilakukan sebelum mendownload suatu software.

#1. Pastikan Kamu Terlebih Dahulu Mencari Review dari Software Tersebut

Biasanya, jika ada suatu software terbaru. Pastinya kamu akan cepat-cepat mendownload dan menginstalnya di PC. Padahal kamu belum tentu mengerti fungsi dari software tersebut.
Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu googling terlebih dahulu untuk mencari review sebanyak-banyaknya dari pengguna lain tentang software yang akan kamu download.

#2. Pastikan Software Tersebut Berasal Dari Developer yang Terpercaya

Seperti yang sudah aku jelaskan diawal artikel. Bahwa tidak semua software itu aman. Oleh karena itu, Pastikan software tersebut dari pihak developer yang terpercaya.
Contohnya, kamu ingin mendownload browser Google Chrome. Maka pastikan kamu mendownloadnya dari situs official yang asli. Sehingga keamanan dari software tersebut akan lebih terjamin.

Tips Sebelum Mendownload Software di Internet

#3. Waspadai Link Download Palsu

Apabila kamu kesulitan mencari  situs official yang asli. Tentu kamu akan mendownload suatu software tersebut dari situs-situs selain official. Biasanya kamu akan menemukan link download palsu yang sebenarnya merupakan iklan atau software tambahan yang tidak penting.
Untuk lebih mengetahui apakah link download tersebut palsu atau tidak, kamu bisa mengarahkan mouse (tanpa mengklik pada tombol download tersebut). Setelah itu, kamu akan melihat munculnya link di pojok kanan atau kiri awah pada browser yang kamu gunakan. Jika link tersebut sama dengan link untuk mendownload software yang kamu inginkan, maka link tersebut asli. Tapi jika tidak sama, maka link download tersebut palsu.

Tips Sebelum Mendownload Software di Internet

#4. Hindari Permintaan untuk Menginstall Software Tambahan

Ketika kamu akan mendownload suatu software, biasanya kamu akan diminta untuk menginstall software tambahan yang sebenarnya tidak penting.
Contohnya, saat kamu akan mendownload Adobe Flash Player dari situs Adobe, kamu akan diberikan pilihan untuk menginstall McAfee Security Scan Plus juga yang sebenarnya tidaklah terlalu penting. Untuk menghindarinya kamu harus menghilangkan tanda centang dari pilihan tersebut dan barulah kamu bisa mendownload Adobe Flash Player.

Tips Sebelum Mendownload Software di Internet

  Itulah beberapa tips sebelum mendownload software. Mungkin tips tersebut pada awalnya terlihat ribet. tetapi lama - kelamaan kamu akan terbiasa dan "insting" kamu akan semakin terasah untuk dapat membedakan software mana yang aman dan mana yang tidak aman. Nah, setelah kamu mendownload software yang kamu inginkan. Silahkan baca juga artikel tentang Cara Menginstall Software Dengan Baik dan Benar.

Semoga bermanfaat..
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »