Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya


   Jika kamu bekerja menggunakan komputer, pastinya kamu pernah mengalami masalah yang disebut dengan Not Responding atau biasanya disebut "Hang". Terjadinya not responding pada komputer disebabkan karena terlalu lambatnya atau bahkan tidak mampunya suatu system untuk merespon apa yang diperintahkan.
  Contohnya saat kita ingin menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, tetapi system terlalu lama atau tidak mampu merespon membuka aplikasi tersebut. Sehingga muncul dialog box "Application is Not Responding" diikuti dengan berubahnya layar monitor menjadi putih berbayang.

Program is Not Responding

   Perlu diketahui, munculnya dialog box Not Responding tidaklah pasti disebabkan karena masalah software saja. Terkadang, masalah tersebut kerap timbul karena masalah dengan hardware komputer.
  Nah, jika kamu berniat untuk menginstall ulang karena sering mengalami masalah tersebut. Sebaiknya tunda dulu niat kamu tersebut. sebab, bisa jadi melakukan install ulang pun tidak akan menjamin komputer kamu bebas dari peringatan Not Responding disuatu hari nanti.
  Berikut ini aku akan berikan beberapa hal penyebab komputer yang sering Not Responding dan cara mengatasinya.

#1. Banyaknya Aplikasi yang Terinstall

Terlalu banyak aplikasi yang terinstall pada komputer adalah salah satu penyebab komputer sering Not Responding. Mengapa?? Karena Karena proses yang dilakukan oleh system dalam me-load semua aplikasi akan semakin berat, dan apalagi jika aplikasi tersebut mempunyai size/ukuran yang besar hal itu dapat mengurangi kapasitas harddisk.
Akibatnya, komputer kamu akan menjadi lambat dan sering mengalami Not Responding. Oleh sebab itu, uninstall aplikasi yang tidak kamu perlukan.

#2. Tampilan Komputer yang Berlebihan

Tampilan komputer yang menarik memang menjadi sebuah kepuasan tersendiri. Ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk dapat merubah tampilan komputer agar terlihat lebih menarik contohnya, memasang sidebar gadget, membuat shortcut aplikasi, menginstall skinpack dan lain-lain. Tapi tahukah kamu?? jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan akan mengakibatkan RAM komputer akan bekerja lebih ekstra untuk me-load seluruh efek tampilan visual yang ada.
Akibatnya, komputer kamu akan lebih sering mengalami Not Responding.
Jadi, jangan terlalu berlebihan memasang dan menginstall berbagai tampilan untuk mengubah tampilan komputer lebih menarik. Dan lebih baik gunakan tema/tampilan standar saja.

Stardock for Windows 7

#3. Terlalu Banyak Menjalankan Aplikasi Secara Bersamaan (Multitasking)

Jika kamu bekerja dengan komputer, pastinya kamu sering menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan atau bahasa kerennya multitasking, hehehe...
Ya, memang multitasking akan sangat berguna dan akan mempercepat suatu pekerjaan. Akan tetapi, terlalu banyak aplikasi yang terbuka akan mengakibatkan RAM komputer akan terkuras habis. Dan lama-lama akan mengakibatkan Not Responding. Jadi, usahakan jangan membuka banyak aplikasi yang memang tidak dibutuhkan. Kalau pun itu memang diperlukan, usahakan aplikasi yang terbuka tidak lebih dari 3 aplikasi.

Multitasking Windows 7

#4. Banyaknya Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Tanpa kamu sadari saat menggunakan komputer ada beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi tersebut berjalan secara otomatis ketika kamu pertama kali menghidupkan komputer. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang akan akan mengambil banyak resource memori dan komputer kamu menjadi sering Not Responding.
Oleh karena itu, kamu harus memeriksa daftar Startup yang berjalan. Untuk dapat memeriksa Startup, cukup buka Windows Run (Win+R) dan ketikkan msconfig (untuk Windows XP, Vista dan 7). Lalu di Tab Startup, hilangkan centang pada aplikasi yang yang tidak kamu kenal.

System Configuration Windows 7

Sebaiknya kamu tetap centang pada beberapa program yang berperan penting untuk mendukung kinerja Windows seperti driver dan Anti virus.

#5. Aplikasi yang Tidak Kompatibel

Terkadang kamu ingin menjalankan aplikasi lama sebelum OS Window 7 dirilis. Akibatnya, aplikasi tersebut akan memunculkan di dialog box Not Responding karena tidak mensupport OS Windows 7. Dan beroprasi pada OS tertentu saja misalkan (Windows XP).
Oleh karena itu, periksa dahulu aplikasi yang akan kamu install, system yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut apakah sudah cocok dengan komputermu.

#6. Virus dan Malware

Lagi-lagi virus dan malware masih turut andil dalam semua masalah yang terjadi dikomputer. Termasuk masalah Not Responding.
    Baca Juga: Tips Agar Komputer Terhindar Dari Serangan Virus dan Malware
Ancaman virus dan malware tersebut juga berpengaruh terhadap kinerja system. Oleh sebab itu, selalu update database terbaru anti virus kamu. Agar terhindar dari semua ancaman tersebut.

  Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya, bahwa penyebab komputer sering Not Responding bukan hanya karena masalah software/aplikasi saja. Tapi juga karena masalah dengan hardware komputer. Diantaranya:

#a. Harddisk


Harddisk yang hampir penuh juga dapat menyebabkan masalah Not Responding. Ini karena komputer membutuhkan waktu lama untuk me-load seluruh file yang ada di dalam harddisk.
    Baca juga: Cara Meningkatkan Ruang Harddisk di Windows
Oleh karena itu, usahakan untuk memberi space yang longgar pada harddisk agar komputer dapat berjalan lebih lancar.

#b. RAM

RAM adalah salah satu faktor utama yang turut menyebabkan sering mengalami Not Responding. Misalkan, jika kamu memiliki komputer dengan memori RAM kurang mendukung/pas-pasan, dan ingin menjalankan aplikasi yang "berat", sebaiknya batalkan niatmu tersebut. Sebab jika hal tersebut dipaksakan, maka RAM kamu akan terkuras habis. Dan akhirnya sudah dipastikan komputer akan mengalami Not Responding. Oleh sebab itu, jalankan aplikasi yang cocok buat spesifikasi memori RAM komputermu. Atau sebaiknya, upgrade RAM kamu agar komputer berjalan lebih optimal.

Nah, itulah beberapa penyebab komputer yang sering Not Responding dan cara mengatasinya. Dengan mengetahui beberapa penyebab diatas, maka diharapkan kamu agar lebih bijak lagi dalam menggunakan komputer.

Semoga bermanfaat..

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »