Cara Mengatasi Komputer yang Lambat


Cara Mengatasi Komputer yang Lambat

  Bagi pengguna komputer yang mempunyai tingkat produktifitas yang tinggi, pastinya akan selalu menginginkan performa komputer yang cepat agar lebih cepat menyelesaikan suatu pekerjaan.
  Akan tetapi, entah mengapa komputer kamu sering sekali lambat?? Atau bahkan sering "not responding". Apalagi jika kamu menggunakan OS Windows 7 ataupun Windows 8. Dimana dalam system operasi tersebut terdapat banyak sekali aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu berguna dan berjalan secara otomatis yang juga salah satu penyebab komputer menjadi lambat. Tentu hal ini pasti akan membuat kamu akan jengkel.
  Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini aku akan membagikan tips untuk mempercepat kinerja komputer kamu yang sudah mulai melambat.

#1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting

 Biasanya, jika kamu menginstall ulang komputer melalui jasa install ulang, pasti komputer kamu akan diinstall berbagai macam aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu penting atau bahkan sama sekali tidak terpakai. Oleh karena itu, hapus sebagian aplikasi tersebut dengan cara pilih menu Programs and Features  di Control Panel dan uninstall aplikasi yang "tidak penting" tersebut.

Programs and Features Windows 7

#2. Menonaktifkan Aplikasi yang Berjalan di Startup

Ketika Windows melakukan booting, secara otomatis ada beberapa aplikasi yang berjalan pada saat bersamaan. Tak jarang terdapat aplikasi yang "lumayan besar" akan mengambil banyak resource memori dan membuat komputer kamu menjadi lambat.
Untuk itu, kamu perlu memeriksa daftar aplikasi kamu yang berjalan di startup. Dengan cara buka Windows Run (Win+R) dan ketikkan msconfig (untuk Windows XP, Vista dan 7). Setelah itu, hapus centang pada aplikasi yang tidak diperlukan. klik Apply dan OK, Lalu restart komputermu.

System Configuration Windows 7

Sebaiknya kamu tetap centang pada beberapa program yang berperan penting untuk mendukung kinerja Windows seperti driver dan Anti virus.

#3. Menonaktifkan Fitur Aero Theme

Adanya fitur Aero Theme di Windows 7 memang membuat tampilan komputer kamu menjadi menarik. Akan tetapi fitur aero theme ini juga cukup banyak mengambil resource memori dan mengakibatkan komputer lambat.
Oleh sebab itu, Dengan menonaktifkan Aero theme, komputer kamu akan berjalan lebih lancar. Cara menonaktifkannya. Klik kanan pada desktop, pilih "Personalize" klik tab "Window color", hapus centang "Enable Transparency".

Aero Theme Windows 7

Sebaiknya gunakan tema classic atau basic theme untuk menghemat penggunaan resource memori.

#4. Menonaktifkan Visual Effects

Selain Aero Theme, Windows 7 juga mempunyai fitur Visual Effect. Yang sama fungsinya untuk membuat tampilan menjadi menarik. Dengan menonaktifkan fitur ini, juga dapat meningkatkan performa komputer secara signifikan. Caranya, pada Start Menu ketik Performance, pilih Adjust the appearance and....  Lalu pilih "Adjust for best performance"

Performance Options Windows 7

#5. Hapus Temporary File

Salah satu penyebab komputer lambat adalah semakin banyaknya file-file temporary. Apa itu temporary file?? Temporary File di Windows adalah file-file yang penggunaannya hanya bersifat sementara. File sementara tersebut dibuat untuk menyimpan data sementara ketika file sedang dibuat, diproses ataupun digunakan. Jika file-file tersebut banyak sekali yang tersimpan, semakin lama komputer akan semakin lambat.
Untuk membersihkannya, jalankan aplikasi Disk Cleanup dengan cara buka Windows Run (Win+R), ketik cleanmgr lalu pilih drive yang akan di cleanup. (disarankan untuk memilih drive C).

Disk Cleanup Windows 7

#6. Lakukan Defragment Harddisk Secara Berkala

Terlalu sering menghapus, memindah, mengubah suatu data, atau install/uninstall aplikasi menyebabkan file akan terfragment (acak-acakan). Melakukan defrag harddisk bertujuan untuk menyusun ulang data-data yang teracak-acak. Sehingga harddisk dapat bekerja lebih efisien dan lebih cepat dalam mengakses data.
Aplikasi Defrag harddisk ini bisa dibuka melalui Start Menu > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter. Kemudian Lakukan Analyze disk pada partisi Windows atau partisi C. Lalu klik Defragment disk.

Disk Defragmenter Windows 7

Sebaiknya lakukan defrag pada partisi Windows secara berkala (atau minimal disk telah terfragmentasi sebesar 10%).

#7. Update Selalu Anti Virus 

Selalu update database terbaru anti virus kamu, hal ini berguna untuk melindungi komputer kamu dari serangan virus, trojan, malware dan program berbahaya lainnya, karena virus juga dapat memperlambat kerja komputer.

Avast Anti Virus

Itulah beberapa tips tentang cara mengatasi komputer yang lambat. Dengan menerapkan langkah di atas, maka komputer kamu akan berjalan dengan cepat,. Sehingga kembali nyaman digunakan untuk bekerja.

Semoga bermanfaat..

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »