Cara Menghindar dari Serangan Keylogger


Cara Menghindar dari Serangan Keylogger

  Mungkin ada diantara kalian pasti bertanya-tanya apa itu Keylogger??, Keylogger atau Key Stroke Recorder adalah sejenis spyware yang sengaja dibuat untuk merekam aktivitas keyboard user. Keylogger digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri username, password, dan informasi penting lainnya dengan cara merekam huruf yang diketikkan oleh pengguna komputer yang kemudian akan dikumpulkan dan dikirim melalui Email yang sudah ditentukan kepada si pembuat Keylogger untuk keperluan tindakan kriminal.
  Tentu, hal ini sangat merugikan jika kita sampai kecolongan. Apalagi jika kita sering bertransaksi online.
Nah, pada artikel kali ini aku akan membagikan beberapa tips untuk meminimalisir resiko kecolongan data pribadi karena ulah Keylogger.

#1. Gunakan Password dengan Karakter Spesial

Yang dimaksud dengan karakter spesial adalah &, !, @, #, $, %, dan lain sebagainya. Jika kamu membuat password dengan menggunakan karakter spesial, maka pelaku akan kesulitan untuk mendapatkan password kamu. Karena biasanya, Keylogger mengabaikan karakter spesial yang seperti itu. Sehingga Keylogger tidak akan mendapatkan password kamu yang sebenarnya.

#2. Gunakan Virtual keyboard untuk Mengetik Data Penting

Selalu gunakan virtual keyboard atau disebut juga On-Screen Keyboard saat mengetikkan data penting seperti: username, password dan informasi penting lainnya. Karena Keylogger hanya dapat merekam data pribadi jika kita mengetik menggunakan Keyboard yang asli. Di Windows 7 sudah tersedia fasilitas on- screen keyboard. Dan untuk menggunakannya, silahkan buka Start Menu -> All Programs -> Accessories -> Ease of Access -> On-Screen Keyboard. Atau juga bisa pada pada Start Menu ketik osk.exe lalu Enter.

#3. Gunakan Notepad untuk Menyimpan Password saat Membuka Akun di Komputer Lain

Jika kamu menggunakan komputer selain komputer pribadi misalnya komputer di warnet, kantor, ataupun tempat yang lain. Sebaiknya persiapkan password akun pribadi kamu dengan cara mengetikkan di sebuah Notepad kemudian menyimpannya di USB Flashdisk atau tempat lain yang menurut kamu lebih aman. Ketika kamu ingin memasukan password, tinggal copy-paste saja password yang sebelumnya telah kamu simpan didalam Notepad. Cara ini merupakan cara alternatif jika kamu tidak ingin menggunakan On-Screen Keyboard.

#4. Gunakan Software Anti Keylogger

Jika kamu sering bertransaksi online atau membuka akun bank, paypal, dan akun penting lainnya di komputer pribadi. Aku sarankan untuk menginstall sofware anti keylogger seperti SpyShelter.
SpyShelter adalah software gratis yang dapat memonitor celah-celah yang lemah pada sistem komputer dan melindungi komputer kamu dari serangan berbagai macam Keylogger.
Untuk mendownloadnya, silahkan kunjungi situs resminya di http://www.spyshelter.com/download-spyshelter

itulah beberapa tips cara menghindar dari serangan Keylogger. Jika kamu memiliki tips yang lain, silahkan tambahkan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat..

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »