Cara Melihat Umur Instalasi Windows


Cara Melihat Umur Instalasi Windows

  Kapan kamu terakhir kali menginstall ulang Windows?? 6 bulan yang lalu, 1 tahun yang lalu, atau mungkin 2-3 tahun yang lalu??. Jika kamu merasa sudah lama tidak menginstall ulang Windows. Mungkin kamu pernah mengalami beberapa masalah pada komputer kamu seperti semakin lambat, sering error, ataupun crash. Hal ini mungkin dikarenakan terlalu sering install-uninstall program, harddisk yang terfragmentasi dan masih banyak faktor-faktor lain yang menyebabkan masalah pada komputer.
  Jika kamu lupa kapan terakhir kali menginstall ulang Windows. Berikut ini aku akan membagikan trik untuk melihat umur installasi Windows.

Pertama, buka Command Prompt. Dengan cara tekan tombol Windows + R secara bersamaan untuk mengakses Run. Jika jendelan Run sudah terbuka, ketikkan cmd kemudian OK.

Cara Melihat Umur Instalasi Windows

Kemudian ketikkan perintah dibawah ini :

systeminfo.exe

Lalu tekan enter, tunggu beberapa saat, karena  Command Prompt sedang mengambil informasi mengenai sistem Windows. Jika sudah selesai, Command Prompt akan menampilkan informasi tentang sistem Windows secara lengkap dan detail. Untuk melihat tanggal instalasi Windows, cari tulisan Original Install Date .

Cara Melihat Umur Instalasi Windows

Cara Alternatif :

Ketikkan perintah berikut pada Command Prompt.

systeminfo | find /i "install date"

Maka akan muncul ringkasan tanggal instalasi Windows.

Cara Melihat Umur Instalasi Windows

Sangat mudah sekali kan?? Trik ini dapat digunakan untuk menentukan jika terjadi masalah pada komputer kamu apakah perlu diinstall ulang atau hanya sekedar me-repair saja.

Semoga bermanfaat..

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »