Cara Blokir Situs Melalui File Host di Windows


Cara Blokir Situs Melalui File Host di Windows

  Memblokir situs memang sangat perlu jika kita memiliki adik, anak-anak ataupun juga orang lain yang menggunakan komputer kita untuk mengakses situs-situs tertentu.
  Ada banyak software atau program yang tersedia dan berfungsi untuk memblokir alamat situs yang tidak kita inginkan. Akan tetapi, menggunakan suatu software di PC tentu bukanlah solusi yang tepat. Karena jika terlalu banyak software yang terinstall, maka akan memberatkan kinerja PC itu sendiri. Nah maka dari itu, bagi kamu pengguna Windows. Kamu dapat memblokir situs-situs tertentu hanya dengan menggunakan file Host. Mungkin kamu akan bertanya sebenarnya apa itu file Host ??
  File Host adalah file yang dapat mengatur sebuah nama domain (website) dalam bentuk IP address. Dengan adanya file Host ini, maka kamu akan lebih mudah dalam memblokir situs-situs tertentu. Dan untuk menggunakan file Host ini cukup mudah. Berikut ini caranya:

Pertama, buka terlebih dahulu file Host tersebut di folder C:\Windows\System32\drivers\etc

Untuk membuka file Host memerlukan trik khusus. Pertama, kamu buka Notepad (Start Menu -> All programs -> Accessories -> Notepad) kemudian klik kanan pilih Run as administrator. Setelah itu drag and drop File Host ke dalam Notepad. Trik ini dilakukan agar kamu dapat menyimpan kembali hasil editan di file Host. Seperti gambar berikut ini:

Cara Blokir Situs Melalui File Host di Windows

Kemudian untuk memblokir situs yang kamu inginkan, cukup ketikkan IP localhost yaitu 127.0.0.1 kemudian di sampingnya ketikkan situs yang ingin kamu blokir. Seperti contoh di bawah ini.

Cara Blokir Situs Melalui File Host di Windows

Jika sudah, save/simpan lagi file Host tersebut.

Untuk mengeceknya apakah situs sudah benar-benar terblokir. Buka browser kamu, coba buka situs yang telah kamu blokir tadi. Jika berhasil, maka pada browser akan muncul tampilan seperti ini:

Cara Blokir Situs Melalui File Host di Windows

Catatan: Jika situs yang kamu blokir masih dapat di akses, hal ini terjadi karena masih adanya Cache DNS. Dan untuk mengatasinya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Command Prompt, dengan cara pada Start Menu ketik CMD kemudian klik kanan pilih Run as administrator.
2. Lalu ketik perintah berikut: ipconfig/flushdns kemudian tekan Enter.

Cara Blokir Situs Melalui File Host di Windows

3. Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi seperti ini:

Cara Blokir Situs Melalui File Host di Windows

4. Setelah itu, tutup Command Prompt. Kemudian hapus History dan cache browser kamu. Lalu restart komputer.

Sekarang coba buka lagi situs yang telah kamu blokir. Dengan cara tersebut, maka situs sudah benar-benar terblokir.

Bagaimana?? Cukup mudah kan??, dengan cara ini kita dapat dengan mudah memblokir situs-situs yang tidak kita inginkan tanpa menggunakan software apapun.

Semoga bermanfaat..
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »