Tips Agar Komputer Terhindar Dari Serangan Virus dan Malware


Logo Tips Agar Komputer Terhindar Dari Serangan Virus dan Malware


  Perkembangan teknologi semakin lama semakin pesat,dan banyak pula produk- produk teknologi yang terbaru untuk menyesuaikan dengan kebutuhan para pengguna saat ini. Hal ini juga semakin banyaknya varian virus dan malware yang telah ditemukan. Bagi kamu yang menggunakan komputer berbasis Windows dan mungkin bingung bagaimana untuk mengamankannya dari serangan virus dan malware.
Kali ini aku akan membagikan beberapa tips bagaimana mengamankan komputer dari serangan virus dan malware.

#1. Install Software Anti Virus

Install anti virus yang terpercaya. Tidak harus anti virus berbayar, untuk pengguna rumahan/pribadi kamu dapat menggunakan anti virus free seperti Avast free edition, Avira free edition, dll. Yang tidak kalah hebatnya dengan anti virus berbayar. Dan tentunya kamu juga harus selalu rutin meng,update anti virus tersebut untuk dapat mengatasi serangan virus dan malware yang baru.

Tips Agar Komputer Terhindar Dari Serangan Virus dan Malware

#2. Scan USB Flashdisk

USB Flashdisk adalah metode penyebaran virus yang paling banyak. Jika kamu sering menggunakan Flashdisk untuk bertukar file, pastikan untuk selalu meng-scan terlebih dahulu sebelum membuka file dari Flashdisk tersebut.

#3. Hindari Menginstall Software Gratis Yang Tidak Terpercaya

Banyak software gratis yang bertebaran di internet. Tetapi tak jarang para developer nakal yang menyisipkan virus dan malware di dalam software buatan mereka. Pastikan kamu hanya menginstall software dari developer yang terpercaya. Jika kamu ragu akan software yang kamu dapatkan, pastikan terlebih dahulu untuk mencari asal-usul dari software tersebut sebelum kamu install di komputer.

#4. Aktifkan Fitur Firewall Di Windows

Firewall penting untuk menyaring dan mengawasi data yang dikirim dan diterima lewat internet.
Untuk mengaktifkannya, buka Control Panel > System > Security > centang Firewall Status. Dan pastikan status Firewall dalam posisi ON.

Tips Agar Komputer Terhindar Dari Serangan Virus dan Malware

#5. Hindari Situs-Situs Berbahaya Dari Internet

Internet adalah sumber penyebaran virus terbesar di dunia. Hampir 80% virus disebarkan melalui jalur tersebut. Jadi, kamu harus berhati-hati dan jangan membuka situs-situs yang tidak jelas saat kamu sedang berselancar di internet. Karena Ketika kamu membuka situs tersebut, virus pun akan secara otomatis masuk kedalam komputer kamu. Sehingga memberi kesempatan pada virus tersebut untuk menyerang komputer.

#6. Jangan Membuka Pesan Email Yang Tidak Jelas

Email adalah salah satu cara penyebaran virus yang paling mudah dan berbahaya. Pastikan kamu hanya membuka Email dari sumber yang terpercaya. Dan jangan sekali-kali membuka Attachment/lampiran yang turut disertakan ke dalam Email yang tidak terpercaya, karena bisa jadi itu adalah Email SPAM yang membawa virus.

#7. Gunakan Media Disk (CD/DVD) Untuk Menyimpan Data Penting

Jika kamu memiliki data-data yang penting, sebaiknya gunakan media disk (CD/DVD) untuk menyimpan data-data penting kamu. Karena CD/DVD sifatnya hanya read only (hanya dapat dibaca) jadi tidak mudah terinfeksi virus. Tetapi, pastikan sebelum data dipindahkan kedalam disk, data kamu telah terbebas dari virus.

#8. Update Sistem Operasi

Pastikan kamu untuk selalu rutin meng,update sistem operasi yang kamu gunakan. Hal ini sangat penting untuk melindungi PC kamu dari berbagai eksploit atau celah program yang berbahaya.

itulah beberapa tips agar komputer kita terhindar dari serangan virus dan malware. Jika kamu mempunyai tips yang lain. Dapat kamu tambahkan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat…
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »