Cara Menyembunyikan File atau Folder Menjadi Super Hidden di Windows


Image Folder Lock

Menyembunyikan file atau dokumen sangat mudah kita lakukan, cukup hanya klik kanan pada file -> properties -> centang hidden dan file pun seketika itu juga menghilang dari daftar. Namun, file atau folder yang kamu sembunyikan tadi masih bisa dilihat dengan mudahnya melalui menu folder options dan mencentang “show hidden files and folder”. Oleh sebab itu, pernahkah kamu berpikir bagaimana menyembunyikan file agar benar-benar tidak terlihat dengan mudah?

Masih ingat beberapa waktu lalu aku pernah membahas tentang cara menyembunyikan file ke dalam gambar dengan command prompt. Nah pada artikel kali ini aku akan kembali berbagi trik tentang cara menyembunyikan file atau folder menjadi super hidden di Windows. Pasti kamu akan bertanya-tanya, apa itu super hidden? Super hidden atau bisa disebut dengan hidden file system adalah file khusus yang tersembunyi dan tidak bisa dilihat seperti biasa. Meskipun kamu sudah mengaktifkan opsi "Show hidden files and folders", kamu masih belum bisa melihat file yang dibuat super hidden ini

Super hidden biasanya digunakan oleh beberapa file system Windows untuk mengatur jalannya system. Adapun tujuannya agar system dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan. Dengan diterapkannya super hidden ini, maka kamu tidak bisa sembarangan mengutak-atik file system tersebut. Pada dasarnya, Windows menggunakan command atau perintah tertentu untuk membuat file system super hidden. Jika kamu tahu perintahnya, maka kamu bisa mengubah semua file menjadi super hidden. Dan berikut aku berikan perintahnya sekaligus caranya:

1. Pertama, buka command prompt melalui start menu, caranya ketikkan cmd. Setelah itu Klik kanan -> Run as Administrator. Lalu tekan Enter.

start menu Windows 7

2. Setelah command prompt terbuka, kemudian ketik perintah attrib +s +h D:\file. lalu tekan Enter. ( tulisan yang berwarna biru, kamu ganti sesuai lokasi drive dan nama file/folder kamu ).

Command prompt

Catatan: Jika kamu mempunyai file/folder yang namanya memakai spasi, misal: file coba, kamu harus mengetikkan direktori folder disisipi dengan tanda petik sebelum dan sesudah direktori, sehingga format penulisannya: attrib s +h “D:\file coba”. Jika kamu tidak memberi tanda petik, kamu akan diberi peringatan dengan tulisan format not correct.

3. Kemudian tutup program command prompt. Sekarang kamu buka Windows Explorer kamu, file/folder yang kamu buat super hidden akan hilang. Dan untuk menampilkan filenya kembali, Klik Organize lalu pilih Folder and search options.

Cara Menyembunyikan File atau Folder Menjadi Super Hidden di Windows

Buka tab View. Tandai Show hidden files, folders, and drives, dan Hilangkan centang Hide protected operating system files (Recommended).

Cara Menyembunyikan File atau Folder Menjadi Super Hidden di Windows

Jika ada peringatan klik Yes untuk melanjutkan.

Cara Menyembunyikan File atau Folder Menjadi Super Hidden di Windows

6. Dan sekarang file/folder kamu sudah terlihat.Kamu juga akan melihat beberapa file system seperti $RECYCLE.BIN pada drive.

Cara Menyembunyikan File atau Folder Menjadi Super Hidden di Windows

Apabila kamu ingin mengembalikannya file/folder seperti semula, ulangi langkah no.1. Setelah command prompt terbuka, kemudian ketik attrib -s -hD:\file. lalu tekan Enter. ( tulisan yang berwarna biru, kamu ganti sesuai lokasi drive dan nama file/folder kamu )

command prompt

Mudah kan??? sekarang file/folder kamu akan lebih aman dengan menggunakan trik ini. Semoga bermanfaat...

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »